Proyek kami di Jawa dan Sumatra Barat menyediakan fasilitas pendidikan dan kegiatan pendidikan bagi ratusan anak dan remaja yang berasal dari latar belakang kurang mampu. Beberapa bergabung hanya untuk belajar melalui bermain, sementara yang lain memiliki tujuan yang lebih jelas, mungkin dalam bidang bulutangkis atau di salah satu kegiatan pendidikan kami yang lain.

Beberapa anggota dewasa muda sedang mengejar studi yang tidak mampu mereka dapatkan sendiri atau menjadi atlet bulutangkis profesional, yang akan menjadi mimpi yang mustahil tanpa dukungan dari Yayasan. Yang lain memilih untuk mulai bekerja dan kami mendukung mereka dalam pencarian mereka dan melalui tahun pertama mereka bekerja sampai mereka menjadi mandiri.

Dalam pandangan kami, masa depan adalah milik mereka untuk dibangun, satu demi satu, dengan bimbingan dan dukungan kami. Kami menempatkan diri sebagai fasilitator, mentor, dan pendidik yang memahami bahwa dengan bekerja bersama kami dapat mencapai jauh lebih banyak dan lebih baik. Kami membantu mereka memperluas wawasan mereka, kemudian membantu mereka menumbuhkan mimpi dalam hati dan pikiran mereka dan kemudian kami membantu mereka mewujudkannya.

Pengalaman juga telah mengajarkan kita bahwa untuk menjadi sukses, proyek harus berasal dari diri seseorang atau komunitas dan bukan dari luar. Dengan demikian, setiap program muncul dari kebutuhan masyarakat lokal dan dapat menggunakan cara yang berbeda untuk tujuan jangka panjang yang sama.

Klub bulutangkis kami, Bintang Solibad Indonesia, terdaftar penuh di PBSI dan memiliki banyak tim di Jawa dan Sumatra. Setiap nama tim dipilih oleh para pemain muda. Klub ini disponsori oleh Solibad, oleh bisnis bulutangkis, oleh teman-teman dan melalui pendanaan pribadi.

 

Proyek Kami – Secara Geografis

  • Bekasi – D.K.I. Jakarta

Tim bulutangkis “10 Bintang” adalah tim pertama kami. Awalnya terdiri dari 10 pemain muda, sekarang memiliki lebih dari 30 pemuda dari berbagai latar belakang sosial ekonomi yang kurang beruntung.

Terletak di pinggiran Jakarta, tempat ini terbuka untuk anak-anak yang kurang beruntung dari lingkungan lokal, banyak dari mereka adalah anak-anak pengumpul sampah atau anak-nak pekerja. Misi dari proyek ini adalah untuk memberi anak-anak struktur yang konstruktif dan mendukung, untuk bersenang-senang dan juga untuk membantu banyak dari mereka untuk menjadi pelatih atau wasit internasional yang bersertifikat. Beberapa mungkin juga mendapatkan pekerjaan di salah satu dari banyak perusahaan besar Indonesia yang suka merekrut pemain badminton yang baik untuk tim perusahaan. Salah satu “Bintang” pertama kami sekarang bekerja dengan Decathlon, berkat keterampilan bulutangkisnya.

Atlet muda ini menerima makanan sehat atau buah-buahan setelah setiap sesi pelatihan, serta vitamin.

Di Bekasi, kami juga memiliki “BSI Semi-Ultimate”, pintu masuk ke tim profesional “BSI Ultimate” kami, yang terletak di Yogyakarta. Beberapa orang terpilih berasal dari latar belakang yang sangat kurang beruntung atau mereka adalah atlet muda berbakat yang menjanjikan yang tidak bisa masuk dunia bulutangkis profesional sendiri.

Di Bekasi, kami juga memiliki Ruang Belajar, di mana kami menawarkan, semua gratis, pelajaran bahasa Inggris, bantuan mengerjakan PR, mainan, permainan, dan perpustakaan.

Yogyakarta

Di Yogya, kami memiliki 3 tim bulutangkis dan 2 Ruang Belajar.

Ruang Belajar berada di pusat kota “Bintang 17” dan di luar kota, di sebuah desa kecil, yaitu “Bintang Opak“. Di sana kami menawarkan berbagai kegiatan pendidikan, seperti drama, musik, menari, menggambar, serta mainan, permainan, dan perpustakaan.

Tim bulutangkis adalah “BSI Ultimate”, dengan pelatihan 6 jam / hari dan 6 hari / minggu. Dua tim lainnya adalah “Bintang Watu Gilang” dan “Bintang Kali”, keduanya terletak di desa-desa kecil, di selatan Yogyakarta.

  • Brondongrejo – Purworejo (Jawa Tengah)

Nama proyek kami di sini adalah “Bintang Paseban”. Ini adalah tambahan terbaru untuk keluarga Yayasan! Anak-anak dan remaja di Brondongrejo terutama belajar menari tradisional, tetapi ada juga tim bulu tangkis muda!

  • Tanjungrejo – Pati (Jawa Tengah)

“Bintang Muria” mengambil nama dari gunung berapi yang terletak di dekat desa miskin ini. Ruang Belajar ini mendukung anak-anak dalam mengerjakan PR (pekerjaan rumah) mereka. Mereka juga belajar membaca Al-Quran, kaligrafi, musik, mainan dan permainan dan memiliki perpustakaan juga tim bulutangkis.

Di Tanjungrejo juga ada Proyek Produksi dan Perakitan E-Bike, “SoliBike”. Proyek baru ini memiliki ambisi untuk mengembangkan mesin dan baterai kita sendiri, dalam tahap proses. Didirikan untuk menawarkan peluang ekonomi baru kepada penduduk desa yang, kebanyakan, memproduksi tepung singkong dan juga untuk bergabung dengan Gerakan Hijau yang muncul di Indonesia.

  • Padang – Sumatra Barat

“Bintang Saiyo” berarti “Bintang yang bersatu” dalam bahasa Minang. Proyek ini adalah salah satu tim atlet badminton muda yang sangat bergairah.

  • Lembah Harau – Sumatra Barat

Ruang Belajar “Bintang Harau” dan tim Badminton terletak di ujung lembah paling indah tanpa koneksi internet, beberapa jam berkendara dari Padang melewati pemandangan yang paling menakjubkan. Di sebuah rumah tua Minang, anak-anak belajar menari dan bahasa Inggris. Mereka juga bermain dan membaca dari perpustakaan kecil yang kami miliki di sana, mereka juga bermain badminton.

 

1. Beasiswa “Sang Bintang”

Program Sang Bintang, menawarkan beasiswa kepada siswa terpilih di semua tingkat pendidikan, mulai dari TK sampai ke Universitas, serta di sekolah khusus.

2. Dukungan Kesehatan dan Medis

Anak-anak dan remaja yang tidak memiliki akses ke makanan yang cukup dan bergizi mengalami kesulitan untuk belajar dan berkonsentrasi. Dengan demikian, makanan dan buah disediakan untuk anggota kami yang paling membutuhkan, serta dukungan medis, bila diperlukan.

3. Proyek Komunitas

Kami berusaha mendorong proyek agar muncul dari dalam komunitas, untuk dikembangkan dan dijalankan oleh anggotanya, dengan dukungan kami dan dengan panduan kami. Kami membangun fasilitas struktural, menyediakan pelatihan, olahraga dan materi pendidikan dan memastikan bahwa setiap proyek berjalan sesuai dengan filosofi kami, dengan menghormati tradisi dan keyakinan lokal.

4. Tamasya dan Bepergian

Kami percaya pada pendidikan holistik, yang memungkinkan anak-anak dan remaja untuk memperluas perspektif mereka tentang kehidupan melalui olahraga dan kegiatan pendidikan, tetapi juga melalui bepergian, menemukan budaya baru dan memiliki kesempatan untuk merasakan kehidupan di luar pengalaman sehari-hari dan batas-batas mereka. Dengan demikian, kami mengatur perjalanan dan acara tamasya ke pertunjukan budaya dan pameran serta perjalanan ke daerah lain di Indonesia dan bahkan di luar negeri, jika mereka menyelesaikan pendidikan sekolah mereka dengan sukses.

 

Menyambut Relawan

Kami menyambut sukarelawan lokal dan internasional yang menawarkan keterampilan mereka yang akan memperkaya kehidupan anak-anak dan memperluas cakrawala, di setiap bidang pekerjaan. Kami tidak meminta sukarelawan untuk membayar, kami hanya membutuhkan CV dan surat ketertarikan Anda kepada program kami. Jika diterima, kami akan menawarkan pengalaman yang paling indah dan memperkaya dalam proses mendampingi anak-anak atau membantu tim kami. Jika Anda tertarik, jangan ragu untuk mengirim data Anda dan kami akan segera menjawab Anda.